dark_mode
  • Friday, 03 February 2023
Resmi Menjadi Pj Gubernur Papua Barat Daya, ini Sejumlah Rekam Jejak Muhammad Musa'ad

Resmi Menjadi Pj Gubernur Papua Barat Daya, ini Sejumlah Rekam Jejak Muhammad Musa'ad

TERSIRAT.COM - Muhammad Musa’ad secara resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya mulai Jumat (9/12/2022). 

 

Dia sendiri dilantik, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja Gedung Lantai 3 Jalan Medan Merdeka Utara nomor 7, Jakarta Pusat. 

 

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 122/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Papua Barat Daya. 

 

Tito pun membacakan sumpah janji jabatan untuk Pj Gubernur Papua Barat Daya yang diikuti Muhammad Musa’ad.

 

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat Gubernur Papua Barat Daya dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD RI Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya dan berintegritas serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Tito diikuti Pj Gubernur Papua Barat Daya.

 

Usai pembacaan sumpah janji jabatan, dilakukan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah janji jabatan dan pakta integritas. Lalu, dilanjutkan pemasangan tanda pangkat penyematan tanda jabatan dan penyerahan Keppres.

 

Sebelumnya, Tito meresmikan Provinsi Papua Barat Daya. Peresmian daerah otonom Baru (DOB) tersebut ditandai pemukulan tifa oleh Tito Karnavian dan beberapa tokoh.

 

Beberapa tokoh yang ikut memukul tifa antara lain adalah Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dan Wamendagri John Wempi Wetipo.

 

Muhammad Musa'ad sendiri menerangkan bahwa semenjak hari ini dirinya resmi dilantik akan melakukan konsolidasi di Papua Barat Daya. 

 

"Untuk awal ini saya akan melakukan konsolidasi ke pemerintahan baru ini," tuturnya kepada awak media.

 

Sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Barat Daya, Musa'ad menjabat Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Provinsi Papua.

 

Dia merupakan seorang akademisi kelahiran Fakfak, Papua Barat 22 Juli 1965 yang menjadi birokrat dengan mengisi sejumlah jabatan di pemerintahan.

 

Musa'ad seorang akademisi di Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua. Dia mengawali dengan menjadi dosen tetap Fisip Uncen sejak 1994 hingga saat ini.

 

Kemudian menjadi Pembantu Dekan (Pudek) 1 Bidang Akademik FISIP Uncen tahun 2002-2003 dan menjadi staf pengajar Program Pasca Sarjana Uncen.

 

Musa'ad menjadi anggota tim asistensi pembahasan RUU otonomi khusus Papua tahun 2001. Dia juga tercatat pernah menjadi anggota KPU Papua 2003-2005.

 

Selanjutnya dia menjabat sebagai Plt Asisten Deputi Kepeloporan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda dan Olahraga RI tahun 2011-2013 dan menjadi Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pada Januari - Mei 2013.

 

Di tahun yang sama, Musa'ad duduk di pemerintahan sebagai Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua (2013). 

 

Lalu menjadi Asisten II Pemprov Papua sejak 2019 hingga akhirnya ditunjuk sebagai Pj Gubernur Papua Barat Daya. ***

comment / reply_from