dark_mode
  • Friday, 03 February 2023
Rangkuman Hari Ke-201 Serangan Rusia ke Ukraina: Pemimpin Chechnya Kritik Putin, Serangan Balik di Tahap 3

Rangkuman Hari Ke-201 Serangan Rusia ke Ukraina: Pemimpin Chechnya Kritik Putin, Serangan Balik di Tahap 3

TERSIRAT.COM - Hari ke-201 perang Rusia-Ukraina diwarnai dengan lepasnya beberapa wilayah pendudukan Moskwa. Kyiv menyebutkan bahwa serangan balasan ini adalah perang tahap 3. Berkaitan dengan hal tersebut, pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov mengkritik pasukan Rusia atas lepasnya sejumlah wilayah yang terlah direbut.

Ia pun menduga Presiden Vladimir Putin tidak mengetahui kondisi sebenarnya. Rangkuman perang Rusia-Ukraina terkini pada Senin (12/9/2022) dapat Anda baca di bawah ini.

1. Kian Banyak Area yang Berhasil Direbut Kembali dari Rusia

Dalam perkembangan perang Rusia-Ukraina, ada semakin banyak area di Ukraina yang berhasil direbut kembali penguasannya oleh pasukan Kyiv dari tangan Moskwa. Terbaru, militer Ukraina mengatakan pada Senin (12/9/2022) bahwa pasukannya merebut kembali area 500 kilometer persegi (193 mil persegi) di wilayah Kherson. Tentara Ukraina disebut mengalami kemajuan lebih lambat di garis depan di wilayah selatan daripada di wilayah timur laut Kharkiv yang sekarang hampir sepenuhnya kembali di bawah kendalinya.

2. Ukraina: Perang Masuk Fase

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov menyebutkan, perang melawan Rusia telah memasuki fase baru atau fase ketiga. Dalam menghadapi fase baru perang Rusia-Ukraina ini dia menyatakan, Kyiv membutuhkan pasokan senjata dari Barat. "Serangan balasan adalah fase ketiga dari rencana Ukraina untuk merebut kembali posisi yang dimulai di selatan dan utara,” kata Oleksii Reznikov dalam wawancara yang diterbitkan surat kabar Perancis Le Monde pada Senin (12/9/2022).

3. Pernyataan Terbaru Rusia terkait Kapan Perang di Ukraina Akan Diakhiri

Kremlin mengeluarkan pernyataan terbaru tentang kapan perang di Ukraina mungkin akan diakhiri. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Senin (12/9/2022) menegaskan bahwa operasi militer Rusia di Ukraina baru akan berakhir jika tujuan awal telah tercapai. Peskov memastikan untuk saat ini aksi militer Rusia di Ukraina akan berlanjut.

4. Pemimpin Chechnya Buka Suara Kritik Kinerja Pasukan Rusia: Putin Tak Tahu Kondisi Perang Sebenarnya

Pemimpin Chechnya yang ditunjuk Kremlin, Ramzan Kadyrov, mengkritik kepemimpinan pasukan Rusia setelah tampak lengah dengan perlawanan Ukraina di timur laut. Kritik Kadyrov menandai dampak serius atas hilangnya wilayah yang telah berulang kali dinyatakan akan dipertahankan selamanya oleh administrasi pendudukan Rusia. Kadyrov pun menduga bahwa Vladimir Putin mungkin tidak mengetahui keadaan sebenarnya.

comment / reply_from