dark_mode
  • Friday, 03 February 2023
Mahkamah Agung akan Terus Melakukan Pembenahan di Internal

Mahkamah Agung akan Terus Melakukan Pembenahan di Internal

TERSIRAT.COM - Ketua Mahkamah Agung M. Syarifuddin, menyampaikan Refleksi Kinerja Mahkamah Agung selama tahun 2022.

 

Hal itu dia sampaikan di gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Selasa (3/1/2022).

 

Pada kesempatan tersebut, dia menanggapi kejadian yang sedang menjadi perhatian publik, Ketua Mahkamah Agung menyatakan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

 

“Atas nama Pimpinan Mahkamah Agung saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada para sesepuh dan senior kami dan seluruh masyarakat Indonesia atas kejadian yang menimpa dua orang Hakim Agung dan beberapa Aparatur Mahkamah Agung tersebut,'' ucap M. Syarifuddin.

 

''Kami akan jadikan peristiwa ini sebagai pelajaran untuk upaya pembenahan di tubuh lembaga peradilan ke depannya,” imbuhnya.

 

Dia menyatakan bahwa kejadian ini menjadi fase terberatnya sebagai Ketua Mahkamah Agung. Sebelumnya, dia sebagai orang nomor satu di Mahkamah Agung berjuang melawan pandemi Covid-19 yang banyak menelan korban jiwa, termasuk di kalangan warga peradilan.

 

Kini, dia harus dihadapi persoalan yang tidak kalah beratnya, yaitu dua orang Hakim Agung dan beberapa pegawai Mahkamah Agung ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atas dugaan melakukan tindak pidana korupsi.

 

“Tentu kita semua merasa prihatin atas kejadian tersebut, karena bukan saja telah mencoreng wajah peradilan di Indonesia, namun juga menurunkan tingkat kepercayaan publik kepada lembaga peradilan, namun, kinerja tetap harus dilaksanakan dengan baik seperti biasa,” tegasnya.

 

Dia menegaskan bahwa Mahkamah Agung akan terus melakukan pembenahan ke dalam, bagi aparatur yang tidak bisa dibina maka akan dilakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku.

 

Pria asal Baturaja, Sumatera Selatan tersebut menyampaikan bahwa semua langkah tersebut diambil Mahkamah Agung agar bisa memulihkan kepercayaan publik.

 

“Tanpa dukungan dari semua pihak semua itu tidak akan berjalan dengan maksimal,” pintanya. ***

comment / reply_from