dark_mode
  • Friday, 03 February 2023
Elly Yasin Dorong BUMN Gandeng UMKM untuk Tumbuhkan Ekonomi Nasional

Elly Yasin Dorong BUMN Gandeng UMKM untuk Tumbuhkan Ekonomi Nasional

TERSIRAT.COM - Di tengah kiprah dan prestasi yang sudah mendunia, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diharapkan untuk tetap menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna menumbuhkan perekonomian nasional.

 

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PPP, Elly Rachmat Yasin, terus mendorong agar BUMN terus menjalin kerja sama kemitraan dengan UMKM guna menumbuhkan perekonomian nasional. 

 

Hal ini dikemukakan Elly dalam kegiatan sosialisasi Peran Kemitraan BUMN-UMKM, di the Camp Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jum'at, 22 November 2022. Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat PT Waskita Karya (Persero), para pelaku UMKM, dan tokoh masyarakat.

 

"Saya berharap Waskita Karya terus berkiprah dalam pembangunan nasional. Juga terus menggandeng usaha rakyat, UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ungkapnya.

 

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat V/Kabupaten Bogor ini pun mengapresiasi Waskita Karya selaku BUMN yang bergerak di sektor konstruksi tetap konsisten meningkatkan kepeduliannya terhadap UMKM.

 

Elly memaparkan, Waskita Karya merupakan BUMN yang berdiri pada tahun tahun 1961. Kini, Waskita Karya memiliki visi menjadi perusahaan terdepan dalam membangun ekosistem yang berkelanjutan.

 

Dengan salah satu misinya memperhatikan kepedulian sosial dan keseimbangan lingkungan dalam aktivitas bisnis perusahaan.

 

Berbagai manfaat dari pembangunan yang diperankan oleh Waskita Karya. Seperti membangun 1.300 KM jalan tol, berbagai bendungan, kelistrikan, bangunan gedung, bandar udara, dan jalur perkeretaapian. Bahkan kini sedang membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 

Banyak manfaat sektor konstruksi yang telah dibangun Waskita Karya. Jalan Tol Trans Jawa (Jakarta–Surabaya) dapat memangkas waktu tempuh dari 20 jam menjadi 12 jam.

 

Jalan Tol Trans Sumatera (Bakauheni–Palembang) memangkas waktu tempuh dari 12 jam menjadi 6 jam. Waktu tempuh yang lebih singkat tersebut dapat menurunkan biaya pengiriman logistik khususnya biaya bahan bakar dan menjaga kualitas komoditas yang dikirim.

 

Terkait pembangunan bendungan seperti bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur, Bendungan Gondang di Jawa Tengah, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan lainnya. Bermanfaat sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air, sumber irigasi, sumber air bersih dan pengendali banjir.

 

Waskita Karya juga tengah membangun jaringan transmisi di Sumatera yang bertujuan untuk mengalirkan listrik dari pembangkit listrik tenaga batu bara di bagian selatan ke bagian utara pulau Sumatera.

 

Kemudian, pada sektor bandar udara, telah membangun beberapa bandara seperti Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan bandara lainnya untuk menampung peningkatan jumlah pergerakan pesawat per hari, peningkatan jumlah penumpang perhari, dan peningkatan pergerakan kargo per hari.

 

Selain di dalam negeri, Waskita juga mengerjakan proyek di luar negeri seperti Mataf Masjidil Haram di Arab Saudi, Abu Dhabi Financial Center, Legend Plaza Residential Apartment di Uni Emirat Arab, Bandara Suai di Timor Leste. ***

comment / reply_from